Tips Menghidupkan Motor Di Saat Kondisi Mesin Dingin - Rizensia BLOG

Tips Menghidupkan Motor Di Saat Kondisi Mesin Dingin

Assalamu'allaikum...
Ilustrasi Via Fncounter
Haii... Sobat! Apa kabarnya nih? semoga dalam keadaan baik ya. Anda para pengguna kendaraan bermotor bagimana cara Anda dalam menghidupkan motor di pagi hari. Apakah Anda memanaskan mesin terlebih dahulu?, Apakah Anda disaat mesin dingin menghidupkan motor menggunakan starter kaki?. Mungkin masih banyak orang yang menyepelehkan disaat kondisi mesin dingin atau biasanya di pagi hari, tidak menstarter motor dengan starter kaki dan mungkin tidak memanaskan terlebih dahulu mesin kendaraan Anda.

Memang sih memakai starter tangan di saat menghidupkan mesin mudah bangat, tinggal pencet, langsung tancap gas.... :D Tapi Anda perlu tahu keuntungan dalam menggunakan starter kaki di saat kondisi mesin dingin adalah membantu oli untuk menyebar ke seluruh komponen dalam mesin, lalu sekalian sambil olah raga kaki dengan menggunakan starter kaki. :)

Nah, Langsung saja tanpa basa basi lagi. Ini dia Tips Menghidupkan Motor Di Saat Kondisi Mesin Dingin :

  • Pakailan kick starter beberapa kali tanpa merubah kunci kontak ON. Hal ini, untuk membiarkan oli menyebar sempurna melumasi mesin.
  • Jika Anda merasa cukup lalu anda starter kaki kembali dengan merubah posisi kunci kontak ke ON.
  • Lalu hidupkan motor Anda dan panaskan sejenak kira-kira 5 menit.
  • Kemudian gunakan lah kendaraan untuk menjalankan aktifitas Anda sehari-hari.

Itulah beberapa Tips Menghidupkan Motor Di Saat Kondisi Mesin Dingin, sebelum saya akhiri artikel ini. Ada beberapa hal yang kamu harus hindari dalam menghidupkan mesin motor Anda. Yaitu, Jangan menggunakan starter tangan di saat kondisi mesin dalam keadaan dingin, kemudian di saat mesin motor hidup Anda harus menghindari yang menekan tombol starter tangan (Starter Listrik) karena hal itu tidak baik bagi sistem kelistrika motor Anda.

Satu lagi, sebaiknya manfaatkan electric starter hanya ketika mesin masih dalam ke adaan panas untuk menghemat kualitas daya simpan aki. Semoga artikel ini bermanfaat dan kurang lebihnya mohon di maafkan ya...

5 Responses to "Tips Menghidupkan Motor Di Saat Kondisi Mesin Dingin"

  1. memang harus dipanasi dulu ya Mbak, biar maksimal digunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Mesin juga sama seperti manusia, kalau manusia sebelum melakukan olahraga harus melakukan pemanasan terlebih dahuluh agar tidak terjadi cedera. :)

      Hapus
  2. terimakasih infonya,,

    BalasHapus
  3. kalo pake electric starter bikin aki cepat abis gan...

    BalasHapus
  4. Kalo udah lama dingin gitu misal 3 minggu gak dipake kira-kira berapa lama manasin mesinnya ?

    BalasHapus

Berikan Komentar Terbaikmu Di Bawah Ini!

loading...