Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Apa Perbedaan Jibab dan Hijab

Assalamu'allaikum....
Ilustrasi Via nana-toserba

Hai akhi dan ahwat apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik dan dalam lindungan Allah SWT. Sebagai seorang muslim kita harus menjaga aurat agar tidak di lihat orang lain, apa lagi seorang wanita muslim di wajibkan untuk menutup auratnya.

Mungkin dari Anda ada yang sedikit bingung tentang kata Jibab dan Hijab, ini sering sekali di lontarkan oleh setiap wanita muslim yang menggunkan pakaian yang menutup aurat. Lalu, Apa perbedaan Hijab dan Jilbab? Yuk kita simak bersama-sama :

Jilbāb (Arab: جلباب ) adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat dengan syarat tidak ketat artinya tidak membentuk lekukan tubuh, dan tidak pula berbayang atau transparan yang kebanyakan orang menyebutnya dengan gamis atau jubah. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Ahzab 59:
“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan istri-istri  orang mu’min: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”.Yang demikian itu supaya mereka  lebih mudah untuk dikenal,karena  itu mereka tidak diganggu.Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang”.
Sendangkan Hijab (bahasa Arab: حجاب ħijāb) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata "hijab" lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama islam yaitu syar'i atau lebih jelasnya Hijab adalah gabungan antara Krudung dan Jilbab.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda tentang Busana muslimah, bagi Anda yang belum menggunakan Jilbab semoga di berikan hidayah untuk menyusul para muslimah yang telah lebih dahulu menutup auratnya secara syar'i. Wasalam........

Posting Komentar

Berikan Komentar Terbaikmu Di Bawah Ini!
© rizensia blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain