Keuntungan Dan Kelemahan Menggunakan Mono Shock

Assalamu'allaikum...
Ilustarasi Via Ariftrio
Apa kabar kawan sehati, kali ini saya ingin membahas tentang keuntungan dan kerugian menggunkan motor jenis suspensi mono shock. Setiap motor yang di keluarkan oleh pabrikan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi tinggal anda sebagai pelangganlah yang pandai-pandai memilih kendaraan motor yang cocok dengan aktifitas anda sehari-hari.

Salah satu yang anda perlu perhatikan yaitu sistem suspensi. Sistem suspensi berfungsi sebagai sistem yang berkerja untuk meredam getaran saat kendaraan berjalan di jalan agar nyaman saat di kendarai. Mono shock dan duble shock mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, kali ini yang saya bahas keuntungan dan kelemahan menggunakan suspensi mono shock.

Keuntungan
  • Saat bermanuver lebih nyaman, karena tumpuhan beban berada pada satu titik, jadi saat melewati tanjakan, tikungan dan lubang ayuana pegasnya lebih lembut. Itulah yang menjadikan sistem monoshock lebih nyaman ketimbang double shock.
  • Lebih bergaya. Karena sistem suspensi seperti ini banyak di gunakan pada motor sport di dunia balap, sehingga citranya lebih keren.
  • Performa menggunakan motor yang bersistem suspensi mono shock lebih stabil ketimbang menggunakan double shock. Karena tumpuhan beban berada pada satu titik yaitu di tengah lengan ayun, sehingga saat di saat menlewati tukungan tajam, jalan yang tidak rata dan tanjakan, mono shock tetap stabil.
Kelemahan 
  • Beban angkut lebih sedikit, karena tumpuhan shockbreake bertumpuh pada satu titik mejadikan beban angkut diupayakan untuk tidak melebihi standar yang telah di tetapkan oleh pabrikan motor anda. Jika anda tidak menghiraukannya maka yang terjadi shockbreake akan rusak.
  • Lebih mahal. Karena kualitas dari shockbreake mono shock lebih baik, membuat harganya lebih mahal dari pada doubleshock.
  • Umur penggunaan suspensi motor yang bersistem mono shock relatif lebih pendek. 
Itulah beberapa keuntungan dan kerugian motor yang bersisitem suspensi mono shock, semoga bisa membantu anda dalam memilih motor yang cocok buat aktifitas kamu dan bagi kamu yang sudah mempunyai motor bersistem suspensi mono shock bisa lebih mengenal karakteristik motor anda. 

Kurang lebihnya seperti itu, selebihnya mohon maaf  jika terdapat kekurangan dalam artikel ini. :D

Posting Komentar

1 Komentar

  1. yah monoshock tidak ngebuang kalau lagi cepat pas belokan hehe
    mantap

    BalasHapus

Berikan Komentar Terbaikmu Di Bawah Ini!